Sejarah Singkat Satuan Lembaga PAUD Ma'had Islam
Taman Kanak-kanak (TK) Alam Ma’had Islam berdiri tahun 2015 di bawah naungan Yayasan Badan Wakaf Ma’had Islam Pekalongan. TK Alam Ma’had Islam Pekalongan berlokasi di Jalan Truntum Kelurahan Krapyak Kecamatan Pekalongan Utara Kota Pekalongan dengan garis koordinat lintang -6,876188 dan garis bujur 109,683144 dengan batas wilayah :
Utara : Krapyak Lor Gg. 6
Selatan : Krapyak Lor Gg. 8
Barat : Krapyak Lor Gg. 7
Timur : Perum. Limas
TK Alam Ma'had Islam Pekalongan mulai dibuka pada 27 Juli 2015 dengan 1 (satu) kelas Taman Kanak-Kanak dengan jumlah siswa 11 anak. Sedangkan jumlah guru sebanyak 3 orang dengan dikepalai oleh Ibu Noor Alimah, S.Pd.AUD. Pada tahun pelajaran 2016-2017 TK Alam Ma’had Islam Pekalongan membuka 2 (dua) kelas yakni Kelas TK A dengan jumlah siswa 15 anak dan TK B dengan jumlah siswa 9 anak.
Pada tanggal 23 Juni 2016 TK Alam Ma’had Islam Pekalongan mendapatkan SK Pendirian sekolah dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pekalongan dengan Nomor 420/E/1680.
Pendidikan Anak usia Dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan Pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik, oleh karena itu di TK Alam Ma’had Islam berusaha mengembangkan koordinasi motorik halus dan kasar, daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual, sosio emosional serta Bahasa dan komunikasi dengan menyesuaikan keunikan masing-masing karakteristik anak didik pada tahapan- tahapan perkembangan yang akan dilalui oleh anak usia dini,sehingga mempunyai arah dan sasaran yang akan di capai serta penyelenggaraan dapat berjalan secara efektif dan efisien.
TK Alam Ma’had Islam Pekalongan berdiri memberikan jawaban atas kebutuhan pendidikan masyarakat yang sesuai dan harus dipenuhi. Gagasan utamanya adalah sebagai mitra orangtua dalam mendidik anak dengan baik, benar dan menyenangkan dengan tujuan membangun pondasi ketaqwaan yang kuat, akhlaqul karimah, birrul walidain, kepemimpian, keilmuan dan kewirausahaan serta keceriaan. Pembelajaran dilakukan dengan metode "active learning" yakni anak di ajak bersenang-senang dalam belajar aktif dengan kegiatan observasi dan eksplorasi. Pembelajaran tersebut merupakan pembelajaran alternatif yang menggunakan alam dan lingkungan sebagai media utama belajar anak. Alam dan lingkungan dapat dimanfaatkan sebagai objek pendidikan dan sarana pengembangan kualitas manusia sehingga anak perhatian dan peduli pada lingkungannya. Hal tersebut merupakan adaptasi dari apa yang telah dilakukan Rosulullah saw dalam mendidik generasi Rabbani yang kelak dapat menjadi pemimpin yang amanah.
Konsep TK Alam Ma’had Islam Pekalongan mengintegrasikan tiga pilar pendidikan yang diyakini menjadi faktor kunci keunggulan umat manusia, yaitu pilar iman, ilmu dan kepemimpinan. Karena itu kurikulumnya bukan hanya menekankan pada tercapainya tujuan akademik (kurikulum Diknas), melainkan juga mengembangkan kurikulum non akademik khas TK Alam Ma’had Islam Pekalongan.
Visi TK Alam Ma’had Islam Pekalongan:
Mendampingi anak Menjadi khalifah yang berakhlaqul karimah yang berguna bagi sesama dan lingkungan.
Misi TK Alam Ma’had Islam Pekalongan:
Tujuan Satuan PAUD TK Alam Ma’had Islam Pekalongan:
Tujuan pendidikan Taman Kanak-Kanak adalah membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai- nilai agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik/ motorik, kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar.
Merujuk pada tujuan pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) tersebut, maka tujuan taman kanak-kanak ( TK) Alam Ma’had Islam Pekalongan adalah sebagai berikut:
Membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis maupun fisik yang meliputi moral nilai-nilai agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik/motorik, kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar.
Tujuan Pengembangan Pendidikan di TK Alam Ma’had Islam
Pendidikan dirancang dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan anak didik akan kegiatan pembelajaran yang memperhatikan pertumbuhan dan perkembangannya.
Kurikulum yang dikembangkan di TK Alam Ma’had Islam memperhatikan hal-hal diantaranya :